Rabu, 04 November 2015

TUGAS KASTRAD



1.      Intelektual mahasiswa adalah kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan mengamalkannya dalam hubungannya dengan lingkungan dan masalah-masalah yang timbul dimasyarakat.
2.      Peran dan tanggung jawab intelektual mahasiswa yaitu:
a)      Mahasiswa sebagai agent of change
Mahasiswa Sebagai Agent Of Change karena Pemuda/Mahasiswa dapat berfungsi sebagai bagian dari masyarakat yang mampu mendorong, memotivasi, dan mempelopori terjadinya pembaharuan. Selain itu, Mahasiswa juga sebagai bagian dari Masyarakat yang dinilai memiliki intlektual dan memiliki pengetahuan yang lebih dibandingkan dengan Masyarakat pada umumnya karena lingkungan yang berbeda. Sedangkan agent dapat diterjemahkan sebagai perantara atau perwakilan dari suatu Institusi/Lembaga. Sebagai Agent Of Change dapat dikatakan pula sebagai actor perantara atau perwakilan dari proses perubahan pada Masayarakat kearah yang lebih baik. Sejarah mencatat peran Pemuda/Mahasiswa dalam pembaharuan negeri ini dari sebelum kemerdekaan hingga Pasca kemerdekaan. Sebut saja tahun 1912 (Douwes Dekker dkk), 1928 (Sumpah Pemuda), 1945 (kemerdekaan RI) , 1965 (melawan G 30 S/PKI), 1998 (Reformasi). Beberapa momentum diatas hanya sedikit menggambarkan tentang kepedulian Mahasiswa Indonesia dalam mengawasi jalannya Pemerintah. Peran Mahasiswa ini menunjukkan adanya kekonsistensian Mahasiswa dalam mengawasi dan jika perlu melakukan perlawanan atau penekanan terhadap jalannya pemerintah yang dianggap melenceng.
b)      Mahasiswa sebagai social control
Mahasiswa sebagai penengah antara Pemerintah dan masyarakat, disinilah peranan mahasiswa sebagai pengontrol.Mahasiswa menyampaikan aspirasi masyarakat terhadap pemerintah dan juga mahasiswa menunjukkan sikap yang baik terhadap masyarakat sebagai kontrol sosial. Sebagai pengontrol sosial mahasiswa jugamemiliki tugas mengontrol peraturan - peraturan dan kebijakan - kebijakan yang dibuat untukkepentingan pribadi dan kelompok.
c)      Mahasiswa sebagai Iron Stock,
Sebagai Iron Stock, mahasiswa diharapkan menjadi manusia tangguh yang memilik kemampuan dan akhlak mulia yang nantinya dapat menggantikan generasi - generasi sebelumnya. Intinya mahasiswa merupakan aset cadangan, harapan bangsauntuk masa depan. Tidak dapat dipungkiri bahwa seluruh organisasi yang ada akan bersifat mengalir yaitu ditandai dengan pergantian kekuasaan dari golongan tua ke golongan muda, oleh karena ituharus dilakukan terus-menerus. Dunia kampus dan kemahasiswaannya merupakan momentumkaderisasi yang sangat sayang bila tidak dimanfaatkan bagi mereka yang memiliki kesempatan.
3.      Menurut saya cara mencapai derajat intelektual mahasiswa yaitu kita sebagai mahasiswa harus terus belajar dan meningkatkan potensi yang kita miliki dengan bersedia untuk membuka diri mengahadapi berbagai problematika yang ada disekitar kita dan mencari solusi serta jalan keluar terbaik. Kita sebagai mahasiswa memiliki tanggung jawab yang besar untuk negara ini terutama bagi masyarakat kita dijadikan sebagai jembatan penghubung antara penguasa dan mereka, oleh karena itu kita harus meningkatkan pengetahuan serta skill kita sebagai mahasiswa serta menjadi sosok yang berani,kreatif,inovatif dan bertanggung jawab.
4.      Alasan mahasiswa melakukan pergerakan karena dengan adanya pergerakan mahaasiswa dapat  meningkatkan kecakapan, intelektualitas dan kemampuan kepemimpinan para aktivis yang terlibat di dalamnya. Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, gerakan mahasiswa seringkali menjadi cikal bakal perjuangan nasional, seperti yang tampak dalam lembaran sejarah bangsa. Kita sebagai mahasiswa yang merupakan kaum intelektual tidak boleh bertindak sebgai objek dalam negara ini kita harus bertindak sebagai pelaku perubahan yakni dengan melakukan pergerakkan. Pergerakkan ini banyak bentuknya dapat berupa melakukan aksi penolakan terhadap kebijakan yang tidak patut dicanangkan oleh pemerintah ataupun protes terhadap pelanggaran-pelanggran yang dilakukan oleh pemerintah. Kita sebagai mahasiswa harus kritis menyikapi berbagai problematika di negara kita, kita harus dapat memilah mana yang baik dan yang buruk untuk dikaji lebih lanjut, dan jika terdapat ketimpangan-ketimpangan kitalah yang harus bertindak sebagai wakil atau jembatan masyrakat dengan pemerintah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar